Senin, 07 Maret 2011

KANDUNGAN SURAT AL-QORIAH

Hari kiamat adalah hari yang sangat dahsyat, kegentingannya membuat takut seluruh makhluk Alloh yang ada di alam ini. Langit akan terpecah, bumi akan terbelah, laut akan meluap, matahari akan digulung, dan bintang-bintang akan dikumpulkan. Apabila demikian keadaan makhluk-makhluk besar itu, maka bagaimana kiranya keadaan manusia pada hari itu?! Pada surat yang mulai ini akan dipaparkan bagaimana keadaan manusia kelak pada hari kiamat. Hingga tiba suatu hari dimana manusia akan memasuki alam akhirat yang kekal.
Hari kiamat. Apakah hari kiamat itu? Tahukah kamu apakah hari kiamat itu? Pada hari itu manusia bagaikan anai-anai yang bertebaran, dan gunung-gunung bagaikan bulu yang dihambur-hamburkan. Adapun orang-orang yang berat timbangan (kebaikan)nya, maka dia berada dalam kehidupan yang memuaskan. Dan adapun orang-orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya, maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah. Tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu? (Yaitu) api yang sangat panas.
Surat ini tergolong surat Makkiyyah, sebagaimana dalil yang dikatakan oleh Ibnu Abbas.(1) Surat ini dinamakan dengan surat (اَلْقَارِعَةُ) dan tidak pernah dijumpai pemberian nama selain dari nama ini. Dinamakan surat al-Qori’ah karena surat ini dimulai dengan kalimat (اَلْقَارِعَةُ . مَا الْقَارِعَةُ)

2 komentar: